Minggu, 06 Oktober 2013

Bersyukur (Selalu Melihat Ke Bawah)

Pastikan banyak diantara kita yang susaaah kali buat bersyukur. Jujur penulis sendiri juga gitu. Tapi kita harus tau. Bersyukur itu memang perlu. Bayangin aja.Udah sebegini banyak Tuhan ngasih kita nikmat. Yaa..kadang kita pasti pernah bilang gini "Apa yang mau di sukurin,,liat aja, dia yang bandel suka nyontek kyk gitu dapat nilai lebih bagus sedang kita yang sesah payah blajar,,nilainya malah pas2san" atau "Kenapasih,,kalau dia itu,apa2 yang diminta dikasih,,padahal nilai pas2an sedang kita musti dapat nilai tinggi dulu lah atau apalah buat dapatin apa yang kita mau." Lalu akhirnya kita ngutuk2 bilang Hidup ini gak adil.

Tapi cobalah kita lihat. Buka mata kita lebar-lebar lagi. Lihat ke bawah. Diluar sana,masih banyak yang jauuh lebih menyedihkan hidupnya dari kita. Yang justru harus terpaksa putus sekolah atau berjualan keliling demi kehidupannya. Yang hanya bisa menelah ludah di balik jendela restoran melihat kita makan dengan asiknya . yang hanya bisa menghela napas melihat kita sibuk dengan gadged2 kita.

Jadii..kalau kita misalnya minta sesuatu tapi belum dikasih sedangkan teman kalian punya. Maka Bersabarlah. Pasti akan tiba saatnya dimana keinginan kita itu terwujud. Dan lihat orang2 di bawah kita. Maka kita pasti akan mudah bersyukur.

Dan ternyata,bersyukur itu juga ada manfaatnya lho..
Lets check it out~


1. Menjaga kesehatan mental
Bersyukur bisa jaga kesehatan? gimana bisa?
Nah jadi kalau kita  pandai bersyukur kita akan lebih bahagia dan terhindar dari stres. Selain itu kita juga bisa berpandangan baik terhadap hidup kita dan menilai segala sesuatu dengan positif, bertingkah laku lebih baik di sekolah sehingga lebih bisa diharapkan ketimbang teman-teman yang kurang bersyukur.

2. Nilai akademis yang lebih baik
Siswa sekolah menengah (kyk kita2 skarang ini) yang pandai bersyukur terbukti memiliki nilai akademik yang lebih bagus, termasuk dalam hal integrasi sosial dan kepuasan terhadap hidup daripada teman-temannya yang kurang bersyukur. Ini tu udah terbukti dalam sebuah studi pada tahun 2010 yang ditampilkan dalam Journal of Happiness Studies. 

3.Menjadi teman yang lebih baik
dengan bersyukur kita bisa mendorong perilaku sosial yang positif seperti membantu teman kita yang tertimpa masalah atau memberikan dukungan emosional pada orang lain.

4.Tidur lebih nyenyak
kalau kita tuliskan hal-hal yang kita syukuri hari ini sebelum tidur dapat membantu kita tertidur lebih nyenyak karena perasaan senang. Sebaliknya orang yang mengeluh atau malah 'menggalau' sebelum tidur dijamin pasti susah tidur.

5.Sistem kekebalan menjadi lebih sehat
Rasa syukur juga  berhubungan sama optimisme sehingga mendorong sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih sehat. Sedangkan orang yang pesimis sering mengalami tekanan batin sehingga berdampak pada kesehatannya dan sering depresi.

Masih banyak lagi manfaat bersyukur yang sangat membantu kita. Jadi mulai hari ini ayo sama-sama kita memulai untuk lebih banyak lagi bersyukur & bersabar :).
 #Salamjomblo :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar