Minggu, 16 November 2014

Ngerokok Keren? Ncaca dulu deh !


 Belakangan ini gue lagi kesal-kesalnya sama rokok. Abisnya orang Indonesia udah terlalu kelewatan sama rokok. Udah dibikin gambar",brosur,artikel sampai sosislisasi soal bahaya rokok masiiiih aja ada yang tutup mata sama telinganya dan lanjut ngerokok. Bener-bener ampuuun  ><.

 Pernah waktu itu gue naik angkot yang isinya kebanyakan anak Smp dan sumpah gue miris bngt liatnya. Tampang unyu tapi malah ngerokok. Bayangin deh kalau seandainya anak itu kls 1 smp. Dikasih uang jajan sama orang tuanya malah dibeliin rokok. Dan itu bakal lanjut sampai dia gede. Bayangin guys! udah berapa racun yang dia tabung?

Menurut website yang gue baca, Indonesia menduduki posisi ketiga setelah China dan India untuk urusan konsumsi rokok. Bayangin guys sehari aja ada sekitar 658 juta batang rokok yang dibakar masyarakat Indonesia, itu kalau diuangin jadi sekitar Rp 300 miliar. Wow! berapa kayanya tuh perusahaan rokok.
Kalian mesti tau guys. Menurut beberapa informasi dari blog & buku yang gue baca, rata-rata pegawai pabrik produksi rokok itu sendiri gak mengonsumsi rokok. Mereka bilang mereka gak mau ngeracunin keluarganya sama asap rokok. Padahal itu produk mereka sendiri, tapi mereka aja nggak makai. Masih mau juga kalian dibohongin sama rokok?masih mau juga sedekah ke pabrik rokok? Iya kalau sedekahnya dapat pahala. Ini malah dapat racun. Mikir lagi yaa guys!

Buat yang ngerasa merokok itu keren atau yang diajak temennya buat ngerokok biar gak cemen jangan percaya! itu bullshit semua. kalau kalian cowo, bilang bakal terlihat gentle karna rokok pliis ngaca! . Gue cewe, kalau ngeliat cowo ngerokok malah gue ilfil abis. Tanya deh ke semua temen cewe gue yang lain, pasti mereka bakal jawab "cowo perokok itu gak keren!" males banget ngeliatnya.
Kalau kalian mau cewe baik" ya stop dong ngerokoknya. Kalian pasti bisa!

Sekarang di Indonesia biaya buat rawat inap pasien yang sakit karena rokok itu udah sampai Rp 2,9 triliun pertahun. So, kalau kalian tetap nabung racun, silahkan nikmatin tiduran enak kalian nanti di Rumah Sakit dengan biaya diatas :)

Buat guys" yang nggak ngerokok. Kita kadang pasti sering kesal kalau ada orang yang ngerokok dekat kita. Yakan? apalagi misalnya di angkot. Udah sesak bau keringet orang" eh ditambah lagi ada yang ngerokok. Duuh banyangin deh gimana kesalnya kita. Bahkan kadang serasa mau dibakar tuh mulut yang ngerokok.

Nah buat kita guys, jangan ragu" buat bakar, eh negur tu orang ><. Apalagi kalau di dalam ada anak kecil juga, kan kasihan. Nah tapi negurnya bakai bahasa yang sopan yaa guys. Jangan takut, itukan hak kitaa.Ingat lho! Perokok pasif (yang ngehirup asap rokok dari perokok itu lebih berbahaya) soalnya racun yang ditabung perokok sekian lama itu langsung kehirup sama kita.

Gue pernah nih waktu itu naik angkot udah sempit trus ada nenek" ngerokok. Padahal disebelahnya ada anak bayi. Trus gue bilangin deh ke neneknya "nek ngerokoknya nanti aja ya,itu ada anak kecil". Padahal gue ngomongnya kan sopan eh tapi si nenek" malah ngamuk trus ngomel" ke gue. gue cuma bisa narik napas aja sih.

Kalian semua mesti tau guys. Bakal banyak di dunia ini orang" yang bandel dan lebih galak dari 'nenek' itu kalau ditegur ngerokok. Tapi kalian gaboleh nyerah. Pikirin kesehatan kalian,pikirin orang sekitar kalian, kalau bisa share ke semua kalau kita bner" harus tegas soal rokok. Jangan pernah takut,patah semangat atau malu guys buat ngingatin orang yang ngerokok, apalagi saudara/kerabat kita. Emang gak semudah balik telapak tangan, tapi kalau kita berusaha pasti bisa! Semangat guys.
Sekali lagi gue bilang "merokok itu gak bikin lo keren!" hastag #RokokMembunuhmu !

"LETS SAVE OUR EARTH FROM SMOKING!!"

Tulisan ini bukan dibuat untuk menghina siapapun. Mohon maaf kalau ada yang tersinggung. Thanks for read guys, like,comment and subscribe :)

1 komentar: